Mengenali Dekonstruksi, Cara Pengubah Pojok Pandang Pada Satu Game

Posted on

Apa Itu Dekonstruksi Dalam Video Game?

Menerangkan dekonstruksi dari pertama sampai akhir cukup susah, tetapi penulis akan berupaya menerangkan sesimpel kemungkinan. Dekontruksi di dunia entertainment (novel, komik, film, game) adalah cara untuk hilangkan cliché dengan mengganti konstanta atau ketentuan yang telah ada pada satu jenis, perkembangan konstanta berbeda dengan mengganti core gameplay atau menyatukan jenis semata-mata.


Perumpamaan

Contoh simpel: bubur ayam terbagi dalam bubur serta ayam, ini adalah konstanta, meningkatkan jamur, udang, roti, bawang serta topping yang lain tidak semata-mata mengganti fakta jika itu ialah bubur ayam itu, tetapi apa yang terjadi bila kita memakai beras merah atau serta nasi kuning untuk fundamen buburnya, berasa aneh kan? Bagaimanapun kita tidak dapat menyanggah jika itu (bubur ayam nasi merah/nasi kuning) ialah bubur ayam. Game seperti Borderland, The Seksion, atau The Kru tidak dapat dikatakan sebagai dekonstruksi sebab mereka cuma meningkatkan komponen, tetapi tidak mengganti konstanta jenis-nya. Di waktu dulu banyak game yang lakukan cara ini, tetapi supaya lebih akrab penulis akan memakai contoh yang lebih modern.


Contoh Dekonstruksi Dalam Dunia Game Modern

Contoh 1: Spec Ops The Line

Bila kalian mainkan game dengan jenis military shooter, anda akan mendapatkan formula atau sekuens yang kurang lebih semacam ini:

Konstanta ini dipakai nyaris di semua game military shooter modern, sebutlah saja Battlefield 3, 4, Hardline, CoD MW series, Homefront, Metro Last Light, MoH Warfighter, SOCOM serta ada banyak lagi. Pada tahun 2011, game namanya Spec Ops The Line berani mengganti konstanta itu lewat formula berikut:

Spec Ops mengganti ketentuan dimana perang yang biasanya diberikan dalam sudut pandang video game nampak istimewa serta heroik jadi suatu hal yang mengerikan serta membuat anda malas memainkannya, tentunya dalam kerangka yang positif. Pada dasarnya, Spec Ops tetaplah game tembak tembak, tetapi dengan perkembangan ini anda dapat dibikin malas menarik pelatuk serta berasa bingung serta ketakutan waktu ada di medan perang, tidak sama dengan konstanta yang diputuskan Modern Warfare 13 tahun lalu.


Contoh 2: Portal

Portal adalah contoh mencolok dari dekonstruksi, serta game ini mampu mendekonstruksi 2 main jenis sekaligus juga (FPS serta Puzzle), untuk lebih tuturnya silakan melihat perbandingan di antara game puzzle ‘normal’ dengan Portal series:

Dalam sudut pandang jenis puzzle, Portal dapat mengganti ketentuan atau formula yang ada di jenis puzzle lama seperti gambar di atas, sedang dari sudut pandang FPS, Portal dapat memperlihatkan jika game FPS tidak selama-lamanya mengenai membunuh serta menghancurkan tetapi dapat mengenai berpetualang serta membuat satu hal. Walau kental dengan faktor puzzle, Portal dengan cara tehnis tetaplah game FPS sebab ada masih ‘menembak’ suatu hal dengan portal gun.


Contoh Lain Game Yang Mendekonstruksi Jenis-nya

Bioshock ialah game yang sukses mendekonstruksi jenis FPS keseluruhannya,
dimana di waktu dulu FPS yang tetap terkait mengenai militer ‘diubah’ jadi suatu hal yang ‘lain’. Dari sisi story Bioshock bawa cerita mengenai ilmu dan pengetahuan,
filosofi, serta hal berat yang lain yang belum pernah ada di game FPS awalnya. Gameplay-nya juga lebih variasi sebab ada faktor RPG hingga anda mempunyai beberapa pilihan selain menembaki lawan sampai mati.

Selain jadi borderline di antara JRPG serta western RPG, Undertale lakukan beberapa hal untuk mendekontruksi jenisnya. Undertale dapat mengganti cerita yang terlihat seperti adventure-action simpel jadi cosmic horror yang menakutkan.
Gameplay yang diberikan juga ‘berbeda’, bukannya jadi turn based RPG simpel,
Undertale menyisipkan faktor bullet hell, platformer, serta dating sim dalam gameplay-nya yang tentunya bersatu secara baik pada keseluruhnya gamenya.

Stanley Parable ialah game yang membuat anda bingung sekaligus juga kagum dengan cerita yang ada di gamenya. Pada beberapa game kita mempunyai kontrol penuh untuk mengganti jalannya game, tetapi di Stanley Parable anda-lah yang dirubah oleh gamenya.

Lewat in-game narator, anda diharap untuk ikuti beberapa instruksi yang
bukan hanya tentukan jalannya permainan dan juga bagaimana anda memainkannya, menarik kan?

Simpulan

Dekonstruksi adalah cara pengembangan yang tidak gampang serta perlu
pertimbangan yang masak, tetapi pengaplikasiannya dapat bawa efek yang besar buat satu jenis. Seorang developer harus pahami luar-dalam satu jenis sebelum punya niat mengganti jenis itu,
seperti melempar kotak tanpa ada biarkan didalamnya amburadul.

Sekarang ini, dekontruksi jenis kemungkinan dibutuhkan supaya pengembangan game tidak statis serta bawa angin fresh baik buat player atau developer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *