Penerangan untuk Motor, Lebih Baik Lampu Halogen atau Lampu Pijar?

Posted on

Skema pencahayaan di kendaraan motor punyai peranan yang paling penting. Kecuali berperan untuk penerangan jalan saat malam hari, lampu di motor punyai macam peranan lain, seperti petunjuk belok arah, lampu sinyal stop (waktu mengerem), lampu senja, serta lampu plat.

Dengan menyaksikan manfaatnya yang demikian penting, pemakai motor harus memerhatikan kualitas lampu yang dipakai. Janganlah sampai salah memutuskan lampu. Karena, kecuali dapat bikin rugi keselamatan diri kita, ini dapat mencelakakan pemakai jalan lain.

Untuk opsi lampu motor, ada 2 tipe yang sering dipakai, yaitu lampu pijar serta lampu halogen. Pada intinya, ke-2 lampu ini punyai detail semasing. Untuk mengenali bedanya, baca penjelasan berikut.

BACA – Cek Kurs Rupiah terhadap Dollar AS di 5 Bank Hari ini

Lampu pijar

Lampu pijar ialah tipe lampu yang sinarnya mengambil sumber dari filamen atau kawat pijar tipis yang dipanaskan. Proses dari pemanasan berikut sinar bisa dibuat.

Sinar yang dibuat itu umumnya memiliki warna cukup kekuningan. Meskipun begitu, lampu pijar mempunyai colour rendering indeks sejumlah 100 % hingga sinar yang dibuat tidak mengganti warna asli object yang terkena sinar lampu.

Dari sisi kualitas, lampu pijar mempunyai kekurangan, yaitu cepat panas serta gampang putus. Di saat dipakai, filamen jadi panas. Tungsten (elemen kimia yang ada di lampu pijar) akan menguap serta melekat di dinding kaca sisi dalam.

Proses itu akan berlangsung terus-terusan hingga membuat dinding kaca jadi hitam serta filamen makin tipis. Dengan begitu, umur penggunaannya tidak tahan lama.

Lampu halogen

Tidak sama dengan lampu pijar, lampu halogen mempunyai sinar cukup keputihan. Waktu disamakan, walau ke-2 lampu ini mempunyai daya watt yang serupa, lampu halogen akan terlihat bertambah jelas.

Umumnya, halogen dipakai di skema lampu single reflector. Berarti, pada sebuah batok lampu dapat membuahkan sinar kecil serta jauh (low and high beam). Oleh karenanya, halogen mempunyai 2 filamen.

Lampu halogen mempunyai bentuk bertambah ergonomis serta saluran gas halogen yang ada didalamnya jadi dinamis. Dengan ini, output sinar yang dibuat bertambah konsentrasi serta tidak silau kendaraan yang ada di berlawan arah.

Keunggulan yang lain yang dipunyai lampu halogen dibanding lampu pijar ialah umur yang makin panjang serta suhu yang makin termonitor. Salah satunya produk lampu halogen, Philips LED M5 dari Philips Automotive, contohnya, bahkan juga punyai tehnologi untuk mengatur suhu yang dibuat.

Disamping itu, produk Philips LED M5 juga penuhi standard orisinal equipment manufacturer (OEM) hingga sesuai detail skema pencahayaan motor dari pabrik.

Produk itu juga sudah mengikut standarisasi economic commission for Europe (ECE)

Merilis launching sah Philips Automotive, Senin (21/9/2020), lampu yang didatangkan ini tidak silau pengendara lain.

Masalahnya Philips sudah menduplikasi skema sinar (light beam) dari lampu halogen. Dalam kata lain, tehnologi light emitting diode (LED) di lampu ini cuman bekerja untuk sumber sinar. Jadi, lampu yang dibuat memiliki warna putih, stylish, bertambah jelas, tapi terus aman untuk pengendara lain.

Lampu itu dapat juga dipakai untuk alternatif atau bahkan juga untuk up-grade lampu standard atribut dari pabrik untuk perform yang lebih bagus.

Sekarang ini, lampu Philips LED M5 bisa didapat dengan gampang lewat e-commerce. Diantaranya lewat toko sah Philips Moto di Lazada serta Shopee. Untuk info selanjutnya tentang lampu Philips, follow account sah Instagram Philips Automotife, @philipsautomotive.id.

Dengan pemakaian lampu yang makin jelas serta kualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *