Google Hapus 240 Aplikasi Jahat, Banyak Diunduh di Indonesia

Posted on

Google meniadakan lebih dari 240 aplikasi Android dari Play Store sebab tampilkan iklan di luar kerangka. Langkah berpromosi semacam ini menyalahi kebijaksanaan baru Google yang larang bentuk iklan yang mengganggu.

Iklan di luar kerangka, atau yang dapat disebutkan iklan di luar aplikasi, ialah iklan di hp yang umum diperlihatkan di luar aplikasi. Iklan ini dapat ada berbentuk pop-up atau iklan yang penuhi monitor.

Google sebetulnya sudah larang iklan di luar kerangka semenjak Februari tahun ini, waktu Google mencekal lebih dari 600 aplikasi yang salah gunakan cara ini untuk membanjiri hp Android dengan iklan yang mengganggu.

Walau sudah dibasmi, aplikasi jahat yang lain yang tampilkan iklan mengganggu semacam ini terus diketemukan. Seperti penemuan periset keamanan cyber di firma White Ops.

Dalam posting situsnya, seperti disaksikan Jumat (9/10/2020) White Ops mendapati lebih dari 240 aplikasi yang menempatkan iklan di luar kerangka tetapi dibikin supaya iklan itu nampak ada dari aplikasi sahih. White Ops memberikan nama cluster ini RainbowMix serta pekerjaan mereka mulai diketahui semenjak awal April tahun ini.

Beberapa aplikasi yang diketahui adalah emulator Nintendo yang dicomot dari sumber yang sahih atau game bermutu rendah. Beberapa ratus aplikasi ini mempunyai elemen jahat namanya ‘com.timuz.a’ yang bertanggungjawab untuk tampilkan iklan-iklan mengganggu.

White Ops menjelaskan beberapa ratus aplikasi ini telah didownload lebih dari 14 juta kali cuman pada tahun ini. Operasi ini capai puncaknya di bulan Agustus sesudah sukses tampilkan 15 juta impresi iklan /hari dengan cara kolektif.

Berdasar data White Ops, beberapa pemakai aplikasi ini berawal dari Amerika serta Asia. Indonesia termasuk juga negara paling atas yang terbanyak mengambil aplikasi-aplikasi ini, berikut daftar enam negara paling atas:

– Brasil (20,8%)

– Indonesia (19,7%)

– Vietnam (11,0%)

– Amerika Serikat (7,7%)

– Meksiko (6,2%)

– Filipina (5,9%)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *